Mengadakan pesta pernikahan besar-besaran merupakan salah satu tradisi yang mendarah daging di masyarakat Indonesia. Meskipun tidak semuanya demikian, namun tidak dapat dipungkiri bahwa tradisi ini masih sering dilakukan. Sehingga terkadang bagi para pasangan yang hendak nikah, sering tertunda karena merasa belum ada persiapan secara finansial untuk mengadakan pesta. Biaya nikah sering menjadi halangan tersendiri bagi para calon pengantin untuk merayakan moment bahagia mereka, bahkan lebih parahnya lagi ada yang sampai menunda acara pernikahan sampai hitungan tahun karena terhambat biaya nikah. Hal ini banyak terjadi diberbagai kalangan mengingat kebutuhan akan pernikahan semakin mahal.

Sah-sah saja jika Anda ingin mengadakan pesta pernikahan yang megah, selama memiliki cukup uang untuk biaya nikah. Hanya saja, sebisa mungkin jangan terlalu membebani diri sendiri atau orangtua. Usahakan untuk menghemat beberapa pos pengeluaran agar Anda masih memiliki kesempatan untuk menabung dan pesta pernikahan tetap terlaksana dengan meriah tanpa harus mahal-mahal.

Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menghemat Biaya Nikah

Pesta Tunangan, Lamaran dan Kunjungan Balik

Untuk meminimalisir biaya saat pesta pernikahan, sebaiknya tidak perlu mengadakan pesta yang terlalu mewah saat acara pertunangan, lamaran dan kunjungan balik keluarga calon mempelai wanita ke rumah calon mempelai pria. Jadikan pesta pernikahan sebagai tujuan utama Anda berdua.

Cincin Tunangan dan Cincin Nikah

Jika memang diadakan acara pertunangan, maka sebaiknya tidak perlu cincin yang terlalu mahal karena itu hanya merupakan sebuah simbol, apalagi sifatnya hanya sementara. Alternatif murah untuk cincin pertunangan adalah cincin perak. Sedangkan untuk cincin nikahnya, tidak perlu harus cincin emas yang harganya mahal, memakai cincin perak dengan desain yang berbeda pun sah-sah saja untuk memangkas biaya nikah anda.

Perawatan Pranikah

Perawatan pranikah memang penting jika Anda ingin tampil sempurna di acara pesta. Tapi juga tidak perlu muluk-muluk, harus ke spa, ke salon dan sebagainya. Sempatkan diri Anda untuk merawat diri sendiri di rumah dengan perawatan yang alami atau produk perawatan yang Anda beli di supermarket.

Undangan

Untuk undangan juga ada baiknya tidak perlu yang terlalu mahal. Ujung-ujungnya akan berakhir di tempat sampah, jadi untuk menghemat pengeluaran Anda sekaligus turut menjaga kebersihan lingkungan, desainlah undangan Anda seminimalis mungkin namun mengena. Bisa juga dengan cara membuat undangan yang dwifungsi, misalkan undangan sekaligus kalender. Kemudian untuk lebih simpel bahkan kekinian anda bisa mencoba jasa Undangan Pernikahan Online yang kini banyak diminati oleh para pasangan pengantin, selain biayanya sangat murah bahkan ada yang menyediakan secara gratis, Undangan Pernikahan Online ini sangat memudahkan kita untuk mengundang teman, kerabat, saudara dan sahabat kita yang jauh karena kita tingga mengirimkan alamat atau url undangan online melalui media sosial, email dan aplikasi cahtting lainnya. Ini merupakan terbaik untuk memangkas biaya nikah dalam hal undangan.

Seragam Bridesmaid (pendamping pengantin)

Pertimbangkan juga masalah seragam untuk pendamping pengantin (bridesmaid). Sebenarnya tidak harus selalu membeli kain lalu meminta teman-teman Anda menjahit seragam sendiri. Jangan sampai Anda yang mau nikah, tapi malah membebani teman-teman Anda. Solusinya: sewalah seragam bridesmaid atau kebaya dengan warna yang sama.

Mobil Pengantin

Jika Anda sudah punya mobil sendiri, mungkin tidak masalah menghias mobil Anda sendiri untuk dijadikan mobil pengantin. Namun bagaimana jika tidak punya? Tidak masalah, Anda tidak perlu harus menyewa mobil pengantin karena ini termasuk pemborosan. Naik taksi pun tidak masalah.

Upacara Adat

Meski sebenarnya penting, terutama demi kelestarian tradisi dan budaya, namun upacara adat memaksa Anda untuk mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, begitu juga waktu dan tenaga, jadi jika Anda merasa tidak mampu maka skip saja. Yang terpenting upacara pernikahan berlangsung khidmat dan lancar.

Rias Pengantin

Riasan pengantin juga tidak perlu harus yang wah. Lihat saja orang-orang barat saat menjadi mempelai pengantin, riasan wajah mereka nampak simpel bahkan ada yang tidak kelihatan dandan sama sekali. Cobalah minta tolong pada kerabat atau teman dekat Anda yang pintar merias wajah, gunakan riasan wajah yang simpel. Lumayan, bisa mengemat pengeluaran untuk rias pengantin yang harganya cukup mahal.

Souvenir

Suvenir juga sebenarnya penting, namun biayanya masih bisa dihemat semaksimal mungkin. Jadi usahakan pilih suvenir nikah yang terjangkau namun benar-benar dapat berguna, misalkan sisir kecil, bros, atau kipas. Atau jika Anda punya banyak waktu, kenapa tidak membuat sendiri suvenir pernikahan?

Baca Juga : Inilah Souvenir Pernikahan Yang Sering Dibeli Pasangan Pengantin

Menghemat pengeluaran saat menikah memang penting, terutama jika Anda ingin terbebas dari hutang dan berencana untuk berbulan madu ke luar kota/luar negeri.