Dalam tutorial kali ini kami akan membahas tentang bagaimana Cara Membuat Undangan Pernikahan Online Gratis di situs kami nikah.co.id. Bagaimana sih cara membuat undangan pernikahan online gratis di nikah.co.id? Caranya sangat mudah dan kami yakin anda semua bisa membuat undangan pernikahan online gratis di nikah.co.id sendiri tanpa mengalami kesulitan setelah membaca dan mempraktekan cara yang kami berikan secara benar. Ada beberapa langkah mudah yang akan kami berikan, namun untuk mempercepat pembuatan undangan pernikahan online anda, silahkan siapkan terlebih dahulu data-data yang diperlukan untuk membuat undangan pernikahan online seperti data calon mempelai beserta nama orang tua masing-masing calon mempelai, tanggal pernikahan dan resepsi pernikahan anda. Jangan lupa siapkan juga alamat email aktif untuk membuat akun di nikah.co.id.

Berikut ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan untuk cara membuat undangan pernikahan online gratis di situs nikah.co.id, silahkan simak dan praktekkan secara benar.

Cara Membuat Undangan Pernikahan Online Gratis

MEMBUAT AKUN DI NIKAH.CO.ID

Untuk membuat Undangan Pernikahan Online Gratis di nikah.co.id syarat utama adalah mendaftarkan diri sebagai user. Kemudian untuk mendaftarkan diri sebagai user di nikah.co.id anda harus memiliki alamat email ( Gmail, Yahoomail, Outlook, dll ).

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Halaman Login

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Tombol Login.

Bagi anda yang sudah punya akun di nikah.co.id silahkan login, masukkan email dan password Anda dan klik login.

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Halaman Login

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Halaman Login.

Namun apabila anda belum memiliki akun di nikah.co.id maka harus mendaftarkan diri terlebih dahulu dibagian kolom DAFTAR dengan mengisikan nama, alamat email dan password untuk akun anda nantinya.

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Halaman SignUp

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Halaman SignUp.

Setelah kolom nama, alamat email dan password telah diisi, kemudian klik tombol DAFTAR. Dengan klik tombol daftar maka langkah pertama membuat akun di nikah.co.id telah berhasil. Kemudian langkah kedua, anda harus MEMFERIVIKASI akun. System nikah.co.id telah mengirimkan email konfirmasi ke alamat email anda. Silahkan buka kotak masuk email anda dan konfirmasi.

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Halaman Konfirmasi Email

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Verifikasi Email.

Gambar di atas adalah email konfirmasi dari nikah.co.id, silahkan buka email tersebut kemudian konfirmasi.

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Konfirmasi Email

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Konfirmasi Email.

klik KONFIRMASI SEKARANG, maka anda akan dibawa ke halaman nikah.co.id seperti gambar dibawah ini.

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Konfirmasi Akun

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Ferivikasi berhasil, Login.

Anda telah berhasil membuat akun di nikah.co.id, lakukan login dengan mengklik tombol LOGIN SEKARANG, maka halaman akan berubah menjadi seperti gambar dibawah ini.

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Login

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Login.

Isikan alamat email dan password Anda kemudian klik tombol LOGIN. Setelah berhasil melakukan login maka tampilan website akan berubah menjadi seperti gambar dibawah ini.

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Berhasil Login

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Berhasil Login.

Sekarang anda sudah bisa membuat undangan pernikahan di nikah.co.id secara gratis. Perlu di ingat bahwa alamat undangan anda ( sub domain ) berlaku selama 3 bulan ( Gratis ) dan untuk top level domain berlaku selama 1 tahun.

MEMBUAT UNDANGAN PERNIKAHAN ONLINE GRATIS

Untuk membuat undangan pernikahan di nikah.co.id silahkan klik di menu BUAT UNDANGAN.

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Buat Undangan

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Buat Undangan.

Maka Anda akan dibawa ke halaman seperti gambar dibawah ini.

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Alamat Undangan

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Alamat Undangan.

Langkah selanjutnya silahkan anda isi url atau alamat untuk undanganmu nantinya misalkan ingin alamat undangan anda nantinya www.romeo.nikah.co.id maka anda hanya perlu menambahkan nama “romeo” di form tersebut. Lihat gambar dibawah ini.

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Mengisi Alamat Undangan

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Mengisi Alamat Undangan.

Setelah isi nama alamat undangan anda silahkan klik tombol CEK KETERSEDIAAN untuk mengecek apakah alamat undangan yang anda pilih tersedia atau telah digunakan oleh orang lain. Jika muncul notifikasi “Alamat Undangan Sudah Digunakan” maka anda harus mengganti dengan alamat lain yang masih tersedia. Lihat gambar dibawah ini.

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Notifikasi Alamat Undangan Sudah Digunakan

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Notifikasi Alamat Undangan Tidak Tersedia.

Ganti dengan nama alamat yang lain dan klik tombol CEK KETERSEDIAAN, jika notifikasi belum berubah berarti alamat yang anda masukkan tidak tersedia atau sudah digunakan oleh pengguna yang lain, silahkan ganti nama undangan sampai notifikasi berubah menjadi “Alamat Undangan Tersedia”. Seperti gambar dibawah ini. Hal ini berarti alamat undangan www.romeo.nikah.co.id tidak tersedia atau telah digunakan orang lain. 

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Notifikasi Alamat Undangan Tidak Tersedia.

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Notifikasi Alamat Undangan Tersedia.

Disini saya mengganti nama undangan yang tadinya “romeo” menjadi “romeoku”. Ini berarti alamat undangan yang tersedia adalah www.romeoku.nikah.co.id. Setelah notifikasi berubah menjadi seperti gambar di atas, silahkan scroll down atau geser ke bawah untuk mengisi data calon pengantin. Disini saya mencontohkan dengan nama calon pengantin Romeo dan Cinderella. Lihat gambar dibawah ini.

 

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Form Isi Data Mempelai

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Form Isi Data Mempelai.

Setelah data mempelai sudah lengkap silahkan anda geser ke bawah dan klik tombol BUAT UNDANGAN. Maka anda akan dibawa ke halaman untuk memilih tema undangan anda. Perlu diperhatikan bahwa dihalaman ini tersedia tema gratis dan berbayar. Karena kita akan membuat undangan pernikahan online gratis, maka pilih tema undangan yang bertuliskan “gratis”. Namun apabila anda akan memilih tema yang berbayar maka silahkan memilih tema berbayar dan lakukan pembayaran.

Silahkan pilih tema sesukamu dan klik TOMBOL PILIH. Atau anda bisa melihat dulu tema sebelum kamu memilih dengan klik tombol PREVIEW. Dalam tutorial kali ini saya akan menggunakan tema gratis “Vintage”. Lihat gambar dibawah ini.

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Memilih Tema Undangan Pernikahan Online

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Memilih Tema Undangan Pernikahan Online.

Setelah klik tombol PILIH maka anda akan dibawa ke halaman detail tema, untuk menerapkan tema yang telah anda pilih tadi silahkan klik tombol TERAPKAN TEMA (GRATIS) . Lihat gambar dibawah ini.

 

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Menerapkan Tema Gratis

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Menerapkan Tema Gratis.

Anda akan di bawa ke halaman preview undangan pernikahan online gratis. Sampai disini anda telah berhasil memilih tema gratis untuk undangan pernikahan online, tapi perlu diingat bahwa sampai langkah ini undangan online anda belum sepenuhnya jadi atau belum bisa DIPUBLIKASIKAN karena anda belum melakukan PUBLIKASI. Lihat gambar dibawah ini.

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Preview Undangan Pernikahan Online

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Preview Undangan Pernikahan Online.

Gambar di atas adalah preview dari data calon pengantin yang tadi telah dibuat menggunakan tema gratis “Vintage”. Sampai disini perlu saya pertegaskan lagi bahwa undangan online gratis belum bisa digunakan karena belum melakukan PUBLIKASI. Ikuti cara PUBLIKASI berikut ini.

PUBLIKASI UNDANGAN ONLINE

Setelah anda melakukan langkah pertama dan kedua secara benar, maka undangan siap untuk dipublikasikan. Dibagian langkah ini saya akan memberikan cara untuk mempublikasikan Undangan Pernikahan Online anda agar bisa dikirimkan ke keluarga, kerabat, sahabat dan teman-teman melalui Media Sosial, Email dan Berbagai Aplikasi Chatting Lainnya.

Untuk melakukan publikasi silahkan klik menu di bagian kiri bawah undanganmu yang bergambar pensil. Lihat gambar di bawah ini.

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Publikasi Undangan Online,

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Publikasi Undangan Online.

Setelah klik tombol pensil tersebut maka halaman akan berubah menjadi seperti gambar dibawah ini.

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Publikasi.

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Publikasi.

Klik menu PUBLIKASI untuk melakukan publikasi Undangan Pernikahan Onlinemu. Setelah mengklik tombol PUBLIKASI maka anda akan dibawa ke halaman publikasi, disitu tertera bahwa status Undangan Pernikahan Onlinemu “unpublished”. Untuk melakukan publikasi silahkan klik tombol PUBLIKASI SEKARANG. Lihat gambar dibawah ini.

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Publikasi.

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Publikasi.

Setelah klik tombol PUBLIKASI SEKARANG maka akan dibawa ke halaman info Undangan Pernikahan Onlinemu dan sudah berstatus Published. Lihat gambar dibawah ini.

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Share Undangan Online.

Tutorial Undangan Pernikahan Online Gratis, Share Undangan Online.

SELAMAT…!! Undangan Pernikahan Online Gratis telah berhasil dibuat dan siap untuk dipublikasikan melalui MEDSOS, EMAIL dan Berbagai Aplikasi CHATTING Lainnya. Silahkan share alamat undanganmu sekarang juga.

Perlu digaris bawahi bahwa selama anda belum mengedit tema Undangan maka FOTO SLIDE, FOTO GALERI, STORY, LOKASI, KATA-KATA UNDANGAN dan BACKSHOUND / MUSIK masih menggunakan data standar dari situs nikah.co.id, Anda bisa mengganti/ mengedit FOTO SLIDE, FOTO GALERI, STORY, LOKASI, KATA-KATA UNDANGAN dan BACKSHOUND / MUSIK sesuai dengan keinginan anda di menu EDITOR. Untuk Tutorial Edit Undangan Pernikahan Online bisa kamu baca di Tutorial Berikutnya yaitu “ CARA EDIT UNDANGAN PERNIKAHAN ONLINE GRATIS”.

Demikian tutorial Cara Membuat Undangan Pernikahan Online Gratis di Nikah.co.id, semoga dapat membantu teman-teman para calon pengantin untuk membuat Undangan Pernikahan Online Gratis. Agar tidak terjadi kesulitan dalam pembuatan undangan pernikahan online gratis maka dengan sangat ikuti tutorial Cara Membuat Undangan Pernikahan Online yang telah dipaparkan secara benar agar tidak terjadi kesulitan secara teknis. Namun apabila masih mengalami kesulitan silahkan hubungi dengan mengontak kami melalui Whatsapp ( Fast Response ). Terima kasih telah berkunjung ke situs Undangan Perniahan Online Gratis Nikah.co.id, semoga acara resepsi pernikahan anda diberikan kelancaran.
Salam SAMAWA.