Mengapa Menikah Tanpa Harus Berhutang ? Nikah adalah sebuah impian dari semua orang, namun tidak sedikit dari mereka yang menunda menikah karena masalah biaya. Mereka beranggapan jika menikah membutuhkan banyak biaya untuk resepsi dan serangkaian acara lainnya, sehingga banyak yang menundanya. Banyak cerita yang kurang menyenangkan pasca sebuah pernikahan. Seperti cerita yang orang tua kehilangan rumahnya karena mereka tidak mampu membayar hutang ketika menikahkan sang anak.

Atau cerita suami yang tidak disukai oleh mertuanya karena tidak bisa membayar hutang ketika mereka menikah, dan masih banyak lagi cerita yang kurang menyenangkan setelah menikah. Perlu Anda ketahui sebuah pernikahan adalah sesuatu yang suci, jadi semua harus berlandaskan keikhlasan dan kebahagiaan tanpa ada beban. Jadi, dalam sebuah pernikahan dari semua pihak haruslah bekerja sama dan saling pengertian.

Begitu juga bagi Anda yang akan menikah, maka wajib bagi Anda dan pasangan untuk berusaha tidak berhutang demi berjalannya sebuah pernikahan, karena nikah itu tidak harus mewah. Buat apa menikah mewah tetapi dengan hutang dan hutang tersebut bisa mengganggu kehidupan Anda yang baru kelak. Oleh karena itu, Anda harus menyimak 7 alasan nikah tanpa harus berhutang berikut ini.

Ketahui 7 Alasan Menikah Tanpa Harus Berhutang

Kehidupan Berumah Tangga Akan Tenang

Alasan Menikah Tanpa Harus Berhutang yang pertama adalah kehidupan Anda bersama pasangan yang tenang setelah menikah tanpa harus dikejar-kejar hutang. Bagi Anda yang sudah pernah berhutang pasti sering merasa kecewa ketika hari gajian tiba bukannya Anda bisa menggunakan uang gaji untuk hal yang Anda suka dan ditabung, tetapi justru uang gaji harus Anda gunakan untuk membayar hutang. Jadi, sebisa mungkin Anda hindari berhutang hanya untuk membuat pesta agar terlihat mewah.

Bisa Menabung Untuk Memenuhi Kehidupan Berumah Tangga

Menikah Tanpa Harus Berhutang bisa membuat Anda bersama pasangan menabung untuk masa depan misalnya untuk membeli rumah atau untuk biaya anak sekolah kelak. Jika Anda berhutang hanya untuk pernikahan mewah maka rencana di masa depan akan menjadi terhambat karena harus membayar hutang yang digunakan demi pernikahan yang mewah, sangat rugi bukan?

Sisa Uang Tabungan Untuk Bulan Madu

Anda bisa menggunakan uang sisa tabungan pernikahan Anda untuk bulan madu. Anda dapat langsung pergi bulan madu setelah nikah tanpa harus memikirkan hutang. Jadi, lebih baik Anda gunakan untuk bulan madu bersama pasangan dari pada Anda harus membuat pesta pernikahan mewah tetapi hasil dari berhutang.

Membuat Kehidupan Rumah Tangga Bisa Tercukupi

Karena Anda tidak mempunyai hutang nikah, maka Anda akan mempunyai sisa tabungan yang bisa Anda gunakan untuk sedikit bersenang-senang bersama pasangan atau Anda bisa gunakan untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga Anda.

Hubungan Bersama Pasangan Lebih Harmonis

Alasan Menikah Tanpa Harus Berhutang berikutnya adalah hubungan Anda bersama pasangan akan menjadi lebih harmonis. Orang yang tidak mempunyai hutang tentu saja akan membuat hidupnya menjadi tenang, karena tidak ada tagihan apapun yang menjadi beban pikiran setiap Anda gajian. Seperti yang Anda ketahui jika hutang bisa membuat Anda stres dan tentu saja bisa menimbulkan konflik dalam rumah tangga sehingga kehidupan rumah tangga menjadi tidak harmonis.

Bisa Membahagiakan Satu Sama Lain

Alasan selanjutnya Menikah Tanpa Harus Berhutang adalah bahwa anda bisa membahagiakan pasangan karena tidak mempunyai beban hutang yang digunakan pesta pernikahan mewah Anda. Misalnya Anda sebagai suami bisa memberi uang tambahan untuk istri yang bisa digunakan untuk belanja dan lain sebagainya.

Menjadi Lebih Siap Untuk Mempunyai Anak

Perlu Anda ketahui jika masa depan pernikahan jauh lebih penting dibandingkan dengan resepsi yang mewah tetapi harus berhutang. Anda jadi lebih siap untuk menyambut buah hati dan bisa menabung dari awal kehamilannya untuk kehidupan sang anak.

Baca Juga : Dampak Positif dan Negatif Menikah di Usia Muda dan Tua

Itulah di atas mengenai 7 alasan Menikah Tanpa Harus Berhutang. Hindari hutang hanya untuk membuat pesta pernikahan yang mewah, karena hal tersebut bisa membuat kehidupan rumah tangga Anda menjadi tidak tenang.