Nikah memang ibadah, tapi hutang sebaiknya dihindari. Bukan berarti pernikahan tidak boleh mewah, akan tetapi memaksakan sesuatu yang kita tidak mampu juga tidak baik. Sekarang ini, harga barang-barang kian hari kian mahal. Apakah Anda juga rela jika tabungan Anda dan pasangan Anda terkuras hanya untuk membiayai pesta pernikahan dan menjamu orang-orang yang belum tentu Anda kenal?

Bayangkan saja, hanya demi 2-3 jam acara pesta, uang belasan, puluhan hingga ratusan juta bisa langsung ludes. Jika Anda mampu mungkin sah-sah saja mengingat menikah hanya sekali seumur hidup, namun jika Anda belum memiliki cukup uang untuk mengadakan pesta pernikahan, jangan sampai memberatkan diri Anda, pasangan dan orangtua.

Alasan Kenapa Nikah Tidak Perlu Harus Berhutang

Kehidupan Pernikahan Anda Pasti Akan Lebih Tenang

Yang pertama, jika Anda menikah tanpa harus berhutang, maka kehidupan Anda setelah menikah bisa tenang, terutama yang menyangkut masalah finansial. Hal ini jelas, karena Anda tidak perlu harus khawatir dan bingung karena dikejar-kejar cicilan hutang. Gaji Anda pun bisa untuk kebutuhan utama Anda dan pasangan, ditabung atau dialokasikan untuk kebutuhan yang lain.

Bisa Menabung Untuk Masa Depan

Setelah nikah, Anda tentu akan berkeinginan untuk memiliki anak dan membesarkan mereka. Tanpa persiapan finansial yang cukup matang maka Anda akan kewalahan. Jangankan memikirkan biaya sekolah anak kelak, biaya melahirkan dan membeli keperluan si kecil saat bayi saja sudah cukup memusingkan.

Jadi jika Anda tidak memiliki hutang apapun, maka Anda dapat menabung atau berinvestasi untuk masa depan Anda berdua bersama pasangan Anda. Selain untuk masa depan, tabungan juga penting untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, misal jika istri Anda harus melahirkan secara caesar atau kebutuhan dadakan lainnya.

Masih Bisa Menyisihkan Uang Untuk Berbulan Madu

Meski bulan madu sebenarnya bukan poin penting setelah menikah, namun tidak ada salahnya jika Anda ingin berbulan madu bersama pasangan. Terlebih jika sebelum menikah Anda belum pernah atau jarang sekali berlibur dengan pasangan, bulan madu bisa jadi hal yang dapat menambah kemesraan Anda berdua.

Kebutuhan Pokok Tercukupi Dengan Baik

Tidak ada istilah ‘gaji numpang lewat saja di dompet’ setelah Anda memutuskan untuk nikah tanpa harus berhutang. Sehingga, kebutuhan pokok sehari-hari Anda bersama pasangan dapat tercukupi dengan baik.

Hubungan Anda dan Pasangan Bisa Jadi Lebih Harmonis

Masalah rumah tangga terutama yang terkait dengan masalah keuangan/finansial boleh dibilang cukup sensitif dan riskan memicu pertengkaran yang berlarut-larut. Jika Anda masih memiliki hutang maka siap-siap saja terjadi konflik dalam rumah tangga, terutama jika Anda mengalami kesulitan dalam membayarnya. Tidak sedikit masalah finansial yang berujung pada perpisahan.

Nikah Sebaiknya Tidak Berhutang, Inilah 7 Alasannya

Nikah Sebaiknya Tidak Berhutang, Inilah 7 Alasannya

Masih Bisa Berbagi Dengan Orangtua

Sebagai fase baru dalam kehidupan Anda, menikah seharusnya menjadi sesuatu yang indah, tak terkecuali bagi orangtua Anda berdua. Dengan memiliki uang yang cukup karena tidak ada tanggungan hutang, alih-alih merepotkan ortu dan mertua, Anda justru jadi memiliki kesempatan lebih untuk membahagiakan mereka.

Menikah Itu Yang Penting Sah

Nikah itu mudah, yang sulit gengsinya. Coba luruskan niat Anda kembali untuk menikah, untuk mensahkan kisah cinta Anda dengan pasangan atau hanya ingin terlihat mampu dengan mengadakan pesta pernikahan yang mewah. Sejatinya, menikah itu adalah legalitasnya, bukan formalitasnya. Sedangkan esensi dari pernikahan adalah kehidupan setelah menikah, bukan pestanya.

Menikah ibarat kata memulai lembaran baru dalam kehidupan Anda, jadi jangan sampai ‘mengotorinya’ dengan permasalahan hutang-piutang.