Tentunya setiap orang menginginkan sebuah momen pernikahan menjadi kenangan yang bisa berkesan seumur hidupnya. Karena itu sebaiknya acara wedding dirancang sebaik mungkin dengan memilih tema wedding yang sesuai dengan kebutuhan, karena kalau kita tidak merancang terlebih dahulu, pasti acara tersebut tidak bisa berjalan dengan sempurna. Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah terkait budget yang anda miliki. Misalkan anda menginginkan sebuah pernikahan yang sakral dengan penuh acara adat daerah, pasti budget yang anda keluarkan akan lebih banyak ketimbang anda menggelar sebuah acara resepsi sederhana.

Namun, saat budget yang anda miliki terbatas bukan berarti anda terhalang untuk menggelar sebuah pesta resepsi. Anda bisa saja tetap menggelar sebuah pesta dengan menyesuaikan kondisi keuangan anda. Yang paling penting dalam sebuah pesta pernikahan seperti resepsi anda harus mengkomunikasikannya dengan pasangan anda. Jangan sampai ada beda prinsip yang bisa mengganggu keharmonisan hubungan kalian. Misalkan anda ingin mempunyai sebuah pesta wedding dengan tema wedding modern, sedangkan pasangan anda menginginkan sebuah pesta dengan tema wedding upacara adat yang lengkap.

Maka sebaiknya jauh hari anda sudah membicarakannya bersama pasangan anda, untuk menentukan tema apa yang akan dipilih, apakah dua-duanya atau salah satu di antara pilihan tersebut. Untuk menentukan sebuah tema sebaiknya anda perhatikan terlebih dahulu hal-hal sebagai berikut.

Tips Menentukan Tema Wedding Yang Sesuai Selera

  1. Tempat pesta pernikahan

Saat anda menentukan sebuah tempat pernikahan, usahakan anda memilih terlebih dahulu tema yang akan anda usung di pesta nanti. Misalkan anda memilih sebuah pesta dengan tema Rustic, anda bisa menyesuaikan tempat yang anda pilih. Tempat yang anda pilih bisa berupa taman terbuka untuk menyesuaikan tema yang anda pilih, atau dengan menggunakan ruangan tertutup.

Sistem canggih saat ini tidak menutup kemungkinan untuk anda menggelar sebuah pesta dengan tema taman namun berada di dalam ruangan. Anda bisa mengaplikasikan dekorasi dengan bunga-bunga atau dedaunan untuk membangun suasana Rustic yang anda inginkan.

  1. Waktu

Jika anda menginginkan sebuah pesta wedding di ruang terbuka, sebaiknya sesuaikan waktu pernikahan anda. Misalkan di musim hujan, sebaiknya jangan paksakan tetap menggelar pesta dengan tema ruang terbuka. Karena kemungkinan hujan maupun mendung bisa merusak kenyamanan di dalam pesta anda.

Jadi sebaiknya untuk pemilihan out door ataupun in door, sesuaikan dengan waktu pernikahan anda. Kalau di musim panas memang sah-sah saja tapi kalau mendadak turun hujan pasti anda juga merasa kurang nyaman dan tidak fokus dengan acara anda karena terbebani dengan perhatian anda ke tamu-tamu yang anda undang.

Biasanya tema pernikahan dengan out door identik dengan penggunaan kursi yang terbatas. Anda sebaiknya perhatikan bagaimana kenyamanan undangan anda apabila dituntut untuk berdiri. Apalagi yang anda undang adalah tamu-tamu dengan usia yang sudah tua pasti merasa tidak nyaman sekali.

  1. Jumlah tamu

Untuk menentukan tema wedding anda juga harus memperhatikan jumlah tamu yang anda undang. Usahakan antara jumlah tamu dengan tempat sinkron. Jadi , apabila tamu yang anda undang banyak, sesuaikan tempat yang anda pilih. Kalau memang tempat dikira tidak mumpuni sebaiknya ganti dengan tempat yang lain.

Baca Juga : Keuntungan Membuat Undangan Pernikahan Online di Nikah.co.id

Kalau memang anda terpaksa tidak bisa mengganti tempat resepsi, anda bisa menggunakan alternatif lain, yaitu dengan membuat shift untuk waktu tamu undangan anda. Misalkan di bagi menjadi dua atau tiga kali. Atau bisa dengan mengurangi space untuk dekorasi. Jadi dekorasi dari tema wedding tidak terlalu besar dan banyak makan tempat.